TEMPLATE ERROR: Error during evaluation of comment-form BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DI KALTIM - FreshwaterFish189
 

Cari Blog disini

Memuat...

Rabu, 18 Mei 2011

BUDIDAYA IKAN AIR TAWAR DI KALTIM

Kata-kata budidaya sering diartikan oleh masyarakat awam adalah memelihara sesuatu yang entah dimana dan apa yang di pelihara.................hahahahah...........kebetulan maksud kami disini adalah budidaya ikan berarti memelihara ikan di suatu wadah atau tempat yang mengunakan media air yang diolah sedemikian rupa sehingga layak digunakan untuk memelihara ikan, baik itu air tawar, air payau maupun air laut.

Budidaya ikan air tawar didaerah kami mulai dikenal sekitar kapan !!!!! ya!!!! lupa kaya'nya udah lama sih persisnya tdk tau yang jelas untuk sekarang ini sudah mulai banyak yang melakukan kegiatan budidaya ini, baik budidaya di dalam kolam maupun di dalam keramba dan jaring apung..

Kalimantan Timur yang memiliki luas daratan hampir 1/3 luasan pulau Kalimantan, dari selatan sampai ke utara propinsi ini sudah banyak masyarakatnya yang melakukan budidaya ikan khusus nya ikan air tawar. Ikan Air Tawar yang rata-rata dibudidayakan oleh masnyarakat kaltim adalah Ikan Mas, Ikan Nila, Ikan Patin dan Ikan Lele, selain ikan itu sih banyak jenis ikan lain seperti Betutu, Moa dan banyak lagi ikan lokal lainnya. Tapi untuk  Komoditas Ikan Mas, Ikan Nila, Ikan Patin dan Ikan Lele memang paling banyak di minati/di budidayakan selain mudah memeliharanya juga permintaan pasar lokal lumayan lah. ada hal yang menarik di kaltim adalah petani budidaya ikan sangat tergantung pada kualitas benih ikan sementara masyarakat belum atau masih kurang sekali pengetahuannya tentang standarisasi benih yang baik, sehat, produktif dan unggul.

 bibit ikan patin

bibit ikan nila

Mungkin yang terpenting dalam budidaya adalah itu (benih). benih memang merupakan faktor paling utama dalam keberhasilan budidaya selain aspek pendukung lainnya seperti lahan/areal budidaya yang memadai, pakan yang baik/berkualitas ataupun sumberdaya manusia nya. sementara untuk sekarang ini benih ikan khusus nya ikan mas dan nila itu diproduksi lokalan saja, dan hasilnya pun sudah mulai menurun, hal ini dikarenakan tidak adanya peremajaan induk dan minimnya fasilitas serta ketersediaanya induk yang baik. sedangkan untuk benih ikan patin masih mendatangkan dari luar pulau jawa.......

induk ikan mas raja danu
 induk ikan nila GMT (Nila Gesit)

induk ikan Patin

kapan ya....kaltim juga bisa produksi benih .............dengan kondisi induk yang unggul dan bersertifikasi SNI sehingga hasil benih yang dihasilkan berkualitas, sehat dan unggul. serta memiliki produktifitas yang tinggi............ mudah-mudahan secepatnyalah amien.........thanks for all.......



Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

apa komentar anda.................!